Selasa, 24 September 2013

LPJ MGMP 2010-2013

salinan

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
PENGURUS MGMP MATEMATIKA SMP KAB.KEBUMEN
PERIODE TAHUN 2010-2013

PENDAHULUAN

A. LATAR BELAKANG
Puji syukur kehadirat Allah swt,tempat kita berharap dan berserah diri, di saat menjalankan tugas profesi selaku guru, yakni suatu jabatan mulia yang membawa banyak harapan dan konsekuensi. Sholawat dan salam semoga senatiasa dilimpahkan kepada junjungan kita nabi agung Muhammad SAW. Nabi yang menuntun kita dengan risalahnya, sehingga kita berada dalam jalan yang benar dengan mengikuti sunnah-sunnahnya.
MGMP adalah merupakan wadah kegiatan profesional untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru, serta untuk membina hubungan kerjasama secara koordinatif dan fungsional antar sesama guru. Eksistensi MGMP telah ditunggu dan diharapkan oleh banyak pihak yang menginginkan adanya kemajuan dan pengembangan mutu pendidikan. Karena di dalamnya para guru bertemu, berdiskusi, berkomunikasi, serta mengevaluasi diri dalam rangka meningkatkan kompetensinya baik kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, maupun profesional.
Dengan adanya perubahan kurikulum dari waktu ke waktu, yang mana mulai tahun pelajaran 2007/2008 semua jenjang pendidikan harus sudah menggunakan KTSP sebagai Kurikulum yang disempurnakan dari Kurikulum 2004 atau Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), kurikulum 2006, hingga akhirnya menginjak tahun 2013 diberlakukan kurikulum 2013 untuk beberapa sekolah yang menjadi pilot project. MGMP dijadikan sarana untuk pengembangan diri anggotanya. Seiring dengan perjalanan masa kepengurusan MGMP Matematika SMP kabupaten Kebumen  periode 2011-2013 makin bisa terlihat dengan jelas profil MGMP, baik dilihat dari sisi kelemahan maupun kelebihannya. Jika ada kelebihan marilah terus dikembangkan supaya makin membawa kemajuan, dan jika ditemukan kekurangan dan kelemahannya marilah segera disadari dan dibenahi bersama supaya kita tidak tertinggal dan terpinggirkan.
Kami segenap pengurus MGMP mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan secara penuh dari Bapak/Ibu Guru SMP selama masa kepengurusan 2011-2013. Dengan menyadari atas segala keterbatasan yang ada, mungkin kami belum bisa memenuhi harapan Bapak/Ibu guru Matematika dalam membawa kemajuan MGMP ke puncak prestasi maupun perbaikan sebagaimana yang kita inginkan. Untuk itu melalui forum ini kami mohon maaf atas segala kekurangan yang ada, semoga Allah senantiasa membimbing kita semua. Di samping munculnya kesadaran akan keterbatasan yang ada, jiwa profesional kita senantiasa mengharapkan semoga kepengurusan yang akan datang bisa meneruskan apa yang telah kita lakukan, bahkan tidak hanya itu, diharapkan bisa berkembang dinamis melakukan akselerasi dan inovasi yang terus menerus membawa kemajuan MGMP Matematika SMP

B. VISI, MISI, DAN PROGRAM MGMP
Semenjak terbentuk kepengurusan MGMP pada bulan September 2011 segenap pengurus telah bertekad untuk melakukan pembaharuan dan perubahan-perubahan seiring dengan persoalan-persoalan yang sedang dihadapi. Supaya kerja pengurus bisa terarah pada peningkatan peran, fungsi, serta tujuan MGMP maka langkah awal yang ditempuh adalah dengan menyusun program kerja, merumuskan visi dan misi MGMP.
1. Visi : Mewujudkan Guru-guru Matematika SMP yang profesional dan bermartabat
2. Misi:
a.    Meningkatkan tali silaturahim antara pengurus MGMP dengan Guru Matematika SMP di Kab. Kebumen
b.    Meningkatkan kemampuan Guru Matematika dalam memahami dan menerapkan tujuan pembelajaran  matematika
c.    Meningkatkan kemampuan Guru Matematika dalam membuat dan melaksanakan program pembelajaran
d.    Meningkatkan kemampuan Guru Matematika dalam proses pembelajaran matematika berbasis ICT
e.    Meningkatkan Kemampuan Guru Matematika dalam menyusun karya ilmiah
f.     Menjalin kerjasama dengan dinas, lembaga, dan instansi terkait.
3. Program kerja.
Adapun program kerja yang disusun secara garis besar dikelompokkan menjadi  4 macam yaitu:
PROGRAM RUTIN
1
Rapat Pengurus
2
Pertemuan Anggota
3
Penyusunan Perangkat Mengajar (Prota dan Promes)
4
Silaturahmi
5
Reorganisasi & Penyusunan Program
PROGRAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI
1
Workshop Review KTSP
2
Penyusunan kisi-kisi dan naskah soal UAS & UKK
3
Jambore Matematika (kompetisi matematika)
4
Telaah Soal-soal OSN
5
Workshop KTI
6
Seminar/temu ilmiah/studi banding  MGMP
7
Workshop Pengembangan Bahan Ajar
8
Lesson Study
9
Diklat Pengembangan/Pemberdayaan MGMP
10
Diklat Multimedia Pembelajaran
PROGRAM PENGEMBANGAN SDM
1
Peningkatan Kemampuan TIK

a. Ms. Excel untuk pengolahan nilai

b. Mobile Learning

c. Internet untuk pembelajaran
2
Pendalaman Materi
PROGRAM PERSIAPAN UN
1
Penyusunan Modul Siap UN
2
Penyusunan Kisi-kisi dan Naskah Soal Try Out UN
3
Bedah SKL UN

C. PELAKSANAAN PROGRAM KERJA
Dari program kerja yang telah disusun secara garis besar diatas kemudian dijabarkan dan dirinci secara jelas sehingga lebih mudah dalam melaksanakannya. Adapun program kerja yang telah dilaksanakan oleh pengurus diantaranya:
1. Pertemuan /Rapat koordinasi pengurus
Secara rutin pengurus bertemu teragendakan setiap bulan satu kali, tetapi dalam pelaksanaannya melihat sikon dan kepentingannya. Pertemuan untuk menumbuhkan nuansa kekeluargaan dan kebersamaan maka tempat pertemuannya bergilir dari rumah ke rumah pengurus secara acak. Disamping pertemuan rutin pertemuan secara insidental sering diadakan dengan memperhatikan dan mengingat alasan serta persoalan yang dihadapi. Bahkan pertemuan insidental ini jauh lebih banyak dibandingkan pertemuan rutin.
2. Pertemuan anggota  Guru Matematika
Pertemuan  diprogramkan setiap dua bulan sekali. Namun ada beberapa kendala sehingga pada masa kepengurusan ini kegiatan ini berlangsung menyesuaikan  event/acara. Idealnya pertemuan yang melibatkan semua Guru Matematika semestinya berlangsung setiap minggu satu kali sebagaimana MGMP mapel yang lain. Hal ini perlu mendapat perhatian semua guru mengingat banyak informasi penting yang harus segera diketahui oleh guru secara cepat.
3. Penyusunan Perangkat Mengajar  Guru Matematika
Pertemuan  diprogramkan setiap awal semester terutama untuk membuat prota dan promes beserta alokasi waktunya. Ada beberapa kendala sehingga kegiatan ini berlangsung disesuaikan dengan workshop review KTSP di awal semester.
4. Silaturahmi dan Reorganisasi Pengurus
Pertemuan  silaturahim diprogramkan setiap awal masuk setelah hari raya Idul fitri, sambil review program kerja tahunan . Ada beberapa kendala sehingga kegiatan ini berlangsung disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada

5. Program Pengembangan Kompetensi
Untuk program ini mencakup :
1
Workshop Review KTSP
2
Penyusunan kisi-kisi dan naskah soal UAS & UKK
3
Jambore Matematika (kompetisi matematika)
4
Telaah Soal-soal OSN
5
Workshop KTI
6
Seminar/temu ilmiah/studi banding  MGMP
7
Workshop Pengembangan Bahan Ajar
8
Lesson Study
9
Diklat Pengembangan/Pemberdayaan MGMP
10
Diklat Multimedia Pembelajaran

sumber dana dan sarana kegiatan yang telah bisa dilakukan selama ini adalah dengan melalui beberapa cara:
a.    Bantuan grant dari P4TK Matematika Yogyakarta, LPMP Jawa Tengah, P2TK Dikdas Kemdikbud. Setiap tahun Alhamdulillah MGMP Matematika SMP Kebumen selalu mendapat kepercayaan mengelola grant ini. Dana bantuan grant  ini terutama digunakan untuk peningkatan kualitas Guru Matematika SMP Kabupaten Kebumen
b.    Dari anggota dan  pengurus MGMP. Dana ini diwujudkan berupa biaya pertemuan rutin khususnya fasilitas tempat dan konsumsi
c.    Dari Guru Matematika anggota MGMP. Selama ini yang bersumber dari Guru masih berupa dana insidental ketika ada acara workshop atau diklat. Sedangkan yang berupa iuran rutin belum bisa berjalan, padahal dana ini telah dianggarkan oleh tiap sekolah yang dialokasikan untuk kegiatan MGMP setiap guru mata pelajaran termasuk Matematika.
d.    Keuntungan hasil penjualan Modul ‘Master’ siap UN. Dana ini sebetulnya cukup besar dan sangat membantu kegiatan MGMP. Namun produk MGMP ini belum sepenuhnya dioptimalkan penggunaannya oleh sekolah. Ke depan kita mungkin bisa mencari formula tepat , membuat produk MGMP yang laku, berbobot dan mendapat support serta pemahaman yang sama dari semua Guru Matematika.
e.    Sekolah/Sanggar MGMP. Setiap pertemuan Guru Matematika  yang menempati disuatu  sekolah /Sanggar MGMP selalu diberikan bantuan oleh sekolah tersebut. Bantuan yang diberikan berupa fasilitas tempat, perangkat serta akomodasi lainnya sehingga pertemuan dapat berlangsung dengan baik dan lancar.
f.     Sponsorship. Ada dana yang bersumber dari sponsor yang tidak mengikat yang bekerjasama dengan MGMP untuk mengadakan beberapa kegiatan. Diantara yang telah bekerjasama adalah dari penerbit Erlangga dan percetakan Dafa Klaten
g.    Pemerintah Kabupaten Kebumen. Dana dari pemkab ini bisa didapatkan ketika MGMP akan mengadakan suatu kegiatan kemudian mengajukan proposal untuk memohon bantuan dana. Tetapi ini belum dapat terealisir

6. Kerjasama dengan MKKS
Hubungan MGMP dengan MKKS terjalin dengan baik sehingga ketika MKKS ada program-program tentang peningkatan mutu, maka MGMP Matematika selalu diikut sertakan. Hal ini teragendakan dalam penyusunan soal UAS,UKK bersama untuk kelas 7,8 dan TUC UN tingkat Kabupaten Kebumen

7. Program Pengembangan SDM
Untuk program ini mencakup :
1
Peningkatan Kemampuan TIK

a. Ms. Excel untuk pengolahan nilai

b. Mobile Learning

c. Internet untuk pembelajaran
2
Pendalaman Materi Esensial
Program ini menyatu dengan program diklat peningkatan kompetensi misal lewat Grant P4TK Matematika Yogyakarta dalam Workshop Pemberdayaan/Pengembangan Matematika.

8. Program Peningkatan Mutu UN
Untuk program ini mencakup :
1
Penyusunan Modul Siap UN MGMP
2
Penyusunan Kisi-kisi dan Naskah Soal Try Out
3
Bedah SKL UN

Program ini dilaksanakan tiap tahun pelajaran  terutama di semester genap.

D. PROGRAM KERJA YANG BELUM DILAKSANAKAN
Ada beberapa program kerja yang sampai laporan ini disampaikan masih belum bisa dilaksanakan. Kendala ini karena situasi dan kondisi waktu serta  terbatasnya kemampuan pengurus sehingga masih ada beberapa program yang belum bisa dilaksanakan. Tentu hal ini menjadi catatan bagi kepengurusan yang akan datang, bisa dilakukan telaah yang lebih cermat supaya diketahui apa kendala yang menyebabkan beberapa program itu tidak bisa terealisasi atupun belum berjalan optimal
Program yang dimaksud diantaranya:
1. Jambore /kompetisi matematika
2. Studi banding rutin
3. Pendanaan mandiri rutin

Adapun kendala yang dihadapi oleh MGMP Matematika  selama ini adalah :
1.      Jumlah Guru Matematika  SMP  masih terbatas sehingga jam mengajar para guru matematika  SMP  cukup padat menyebabkan sulit menentukan waktu pelaksanaan MGMP yang bisa dihadiri oleh semua anggota.
2.      Anggota MGMP Matematika masih perlu kesadaran dan komitmen yang tinggi untuk mendukung tiap program MGMP Matematika
3.      Terbatasnya dana pendukung untuk pelaksanaan kegiatan rutin.
4.      Padatnya kegiatan di sekolah menyebabkan sekolah tidak bisa mengijinkan semua guru Matematika meninggalkan lokasi sekolah pada waktu yang bersamaan, sehingga peserta kegiatan MGMP tidak bisa maksimal.
5.   Pemenuhan jam mengajar 24 jam guru.

E.  PENGURUS MGMP MATEMATIKA SMP PERIODE 2010 – 2013

 Terlampir
F.  LAPORAN KEUANGAN
Terlampir

G. PENUTUP
Demikian laporan sederhana ini kami sampaikan untuk bisa diketahui lebih terbuka tentang situasi dan kondisi MGMP Matematika saat ini, sehingga bisa dijadikan gambaran untuk menata dan menyongsong masa depan yang jauh lebih baik dan bermanfaat bagi dinamika pengembangan Kompetensi Guru Matematika. Selanjutnya kami persilahkan para peserta untuk menanggapi dan mengoreksi jika ditemukan beberapa kekurangan yang menyebabkan MGMP tidak berjalan dan berfungsi sebagaimana mestinya, dan sekaligus kami harapkan memberikan saran dan jalan keluar yang paling tepat demi kemajuan MGMP.
Demikian yang dapat kami laporkan semoga bermanfaat. Selamat bermusyawarah semoga pertemuan ini menghasilkan sesuatu yang berguna bagi kita dan anak didik kita.Amin
                                                                                    Kebumen, 25 September 2013
                    
                    Pengurus MGMP Matematika SMP Kabupaten Kebumen
                    Ketua,                                                     Sekretaris,


                   SUNGAIDI, M.Pd                                  EDY S PURNAMA, S.Pd.                             



LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN
PENGURUS MGMP MATEMATIKA SMP KAB.KEBUMEN
PERIODE TAHUN 2010-2013






MGMP MATEMATIKA SMP KABUPATEN KEBUMEN
Sanggar : SMP Negeri 7 Kebumen
Jl.Mayjend. Sutoyo no.27 Kebumen HP.081227725725
Fb.grup MGMP MATEMATIKA SMP KEBUMEN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar